Pedoman Pengaduan

P E N G A D U A N
A. PROSEDUR PENGADUAN
         Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Negeri Raba Bimakadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi, dapat menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Negeri Raba Bimadan Pengadilan Negeri Raba Bima akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.
  CARA MENYAMPAIKAN PENGADUAN :
  1. SECARA LISAN
    Masyarakat dapat datang langsung ke Meja Informasi di kantor Pengadilan Negeri Raba Bima yang bertempat Alamat Kantor : Jalan Soekarno Hatta Nomor 161 Raba Bima – NTB 84115 | Telp./Fax. (0374) 43202 – 43339 dan menyampaikan pengaduan.
  2. SECARA TERTULIS
    1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan, dalam hal ini Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui Fax. 0374-43202 Atau melalui email di info@pn-bima.go.id 
    2. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.
       
  KETENTUAN LAINNYA DALAM PENYAMPAIAN PENGADUAN
  A. PENGADUAN YANG DISAMPAIKAN SECARA TERTUKIS :
    1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh Pelapor;
    2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Mahkamah Agung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus tersebut tetap akan diterima dapat ditindaklanjuti;
    3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, Petugas di Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan Pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.
  B. MENYEBUTKAN INFORMASI YANG JELAS
    1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, Pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai :
     
  • Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau pengadilan tempat Terlapor bertugas;
  • Perbuatan yang dilaporkan;
  • Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara;
  • Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor.
    2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya. Namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.
       
  C. TATA CARA PENGIRIMAN
    1. Pengaduan ditujukan kepada :
     
  • Ketua atau Wakil Ketua pad a Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding di mana peristiwa atau perbuatan yang diadukan terjadi ;
  • Ketua Wakil Ketua Non Yudisial, atau dengan tembusan Pengawasan.
    2. Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop terse but adalah pengaduan dengan menuliskan kata "PENGADUAN pada Pengadilan" pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.

 

B. DIAGRAM ALUR PENGADUAN

 

C FORM PENGADUAN
 
Nama Anda (*)
E-Mail Anda (*)
Perihal
Pesan Anda
  Jika masyarakat ingin mengajukan saran atau kritik ke Pengadilan Negeri Dompu ataupun pengaduan silahkan anda kirim pengaduan dan saran via Email ke :
  info@pn-bima.go.id
   
D. PEDOMAN PENANGANAN PENGADUAN
            Untuk menjamin efektivitas, ketertiban, ketepatan waktu dalam pelayanan informasi dalam penanganan Pengaduan, Mahkamah Agung Republik Indonesia telah mengeluarkan Pedoman dalam bentuk Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 026/KMA/SK/VII/2009, tertanggal 4 Juni 2009. Selengkapnya Pedoman Penanganan Pengaduan tersebut dapat di Download pada link berikut : SK KMA NO. 076/KMA/SK/VI/2009  dan LAMPIRAN SK KMA NO. 076/KMA/SK/VI/2009 ;
   
Mohon maaf jika masih banyak kekurangan
Kami sedang berupaya untuk perbaikan-perbaikan
Terimakasih
IT PN RABA BIMA